Jumat, 26 Agustus 2011

FIRE !!!

Friend Is a Real Effort atau saya singkat "FIRE". Sebuah kata yang berarti Api namun juga berarti Semangat ! Yah, Friend Is a Real Effort atau berarti Teman adalah sebuah upaya nyata. Apa artinya ? Apa maksudnya ? Sebelum kita  membahas hal tersebut, mari sejenak kita mundur ke awal kata atau awal huruf dari kata "FIRE" yakni F untuk Friend. Menurutmu apa sih "Friend" atau teman itu ????


Teman adalah seseorang yang kita yakini sebagai salah satu penghias hidup guna melaraskan harmoni kehidupan yang kita jalani sehingga hidup kita terasa lebih berwarna. Teman juga merupakan saudara kita yang hendaknya saling tegantung satu sama lain sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Dalam berteman, janganm samakan seperti program tebang pilih guna menjaga keanekaragaman hayati di bumi ini. Tapi, hendaknya kita dapat berbaur dengan semua orang. Dalam berteman hendaknya dapat melihat konsekwensi yang akan kita peroleh untuk masa depan kita. Dalam artian kita boleh menganggap semua orang sebagai orang secara umum dan sebagai saudara secara khususnya. Namun kita juga WAJIB memilih teman yang terbaik untuk semua pihak dan khususnya bagi diri kita sendiri. Ada teman yang hanya sebagai "teman" saja, ada juga teman yang kita anggap sebagai "sahabat", ada pula teman yang kita anggap sebagai "musuh" kita. Memang kedengarannya aneh. Masa sih, teman kita anggap musuh ???? Maksudnya adalah teman yang kita anggap "kurang", misal dia adalah seorang Berandal, pencopet,dll. Seorang teman yang tidak dapat kita jadikan panutan hidup. Seorang teman yang tidak dapat menjamin kebahagiaan hidup kita. Dalam hal ini saya sebut teman itu sebagai Teman yang Pasif atau teman yang tidak dapat berperan dalam hidup kita.

Sekarang, kembali kepokokbahasan. FIRE atau Friend Is a Real Effort. Teman adalah sebuah upaya nyata. Dalam hal ini, yang saya maksudkan adalah seorang teman yang kita peroleh adalah hasil dari upaya yang kita lakukan untuk memperolehnnya. Jika kita sebagai makhluk yang berperan aktif dalam kegiatan Sosial, dalam artian sering berbaur dengan lingkungan, pastilah kita akan mendapatkan teman yang seolah-olah tak dapat dihitung jumlahnya. Sehingga kita tak tahu lagi sudah berapakah teman yang kita dapatkan. Jika kita pasif dalam kegiatan sosial. Atau dalam bahasa modern adalah "anak kuper" atau anak kurang pergaulan. Maka teman yang diperoleh kemungkinan masih dapat dihitung dengan jari. Minimal keluarga kitalah yang juga berperan sebagai teman dalam hidup kita.

Jadi kesimpulannya adalah, teman yang kita dapatkan tergantung dari hasil upaya yang telah kita lakukan selama hidup kita. Jenis teman juga terpengaruh dari upaya kita. Semisal kita bergaul dengan orang-orang baik, kita akan mendapatkan teman yang baik pula. Jika kita berteman dengan orang-orang yang kurang atau tidak baik, disitulah kita akan terjerumus mengikuti segala perilaku-perilaku mereka.

Teman sangatlah berperan dalam hidup kita. Jangan pernah sia-siakan teman kita. Sudahkah anda menyapa teman anda hari ini ??? :)
(JPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels